Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Melayani Penerbangan Khusus Umrah Langsung ke Madinah

Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Melayani Penerbangan Khusus Umrah Langsung ke Madinah
Suasana penumpang di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang saat pemberangkatan perdana penumpang ibadah Umrah dengan rute Semarang tujuan Madinah, pada Selasa (1/8/2023).

Suaracaraka.com, Semarang Jawa Tengah – Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Kota Semarang, Jawa Tengah, melayani penerbangan khusus umrah langsung ke Madinah mulai Selasa 1 Agustus 2023 menggunakan pesawat udara milik maskapai Lion Air dengan jumlah total penumpang sebanyak 212 orang.

“Dibukanya rute penerbangan Semarang menuju Madinah ini merupakan upaya memfasilitasi masyarakat Kota Semarang dan sekitarnya untuk melakukan ibadah umrah tanpa perlu lagi melakukan perjalanan darat maupun udara menuju Kota Surabaya atau Jakarta yang tentunya hal ini dapat mempersingkat durasi perjalanan,” kata Pelaksana Harian General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani R.M. Doddy Hapsoro di Semarang, Selasa (1/8/2023).

Keberangkatan jamaah umrah selanjutnya akan dilaksanakan pada 8 Agustus 2023, sedangkan penerbangan pulang ke Tanah Air akan dilaksanakan pada 13 dan 16 Agustus 2023.

Ia menjelaskan bahwa manajemen PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani bekerja sama dengan pemangku kepentingan terkait menyediakan layanan optimal sehingga penerbangan perdana perjalanan umrah ini dapat berjalan dengan lancar.

Selain itu, manajemen juga telah melakukan langkah proaktif dengan mengimbau seluruh agen perjalanan untuk memastikan kesiapan dan kelengkapan segala persyaratan para jamaah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Kami bersama seluruh stakeholder terkait memastikan seluruh fasilitas di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang ini dalam kondisi prima sehingga para jamaah umrah dapat melakukan perjalanannya dengan aman, nyaman dan selamat saat menuju Tanah Suci hingga kembali lagi nanti ke Tanah Air,” ujarnya.

Selain memastikan kesiapan fasilitas pelayanan penerbangan khusus umrah, PT Angkasa Pura I juga berkoordinasi dengan fasilitas CIQ (Custom Immigration, Quarantine/ Bea Cukai, Imigrasi, Karantina) guna memastikan kesiapan para personel dalam melaksanakan tugas.

Persiapan tidak hanya dilakukan dari sisi terminal, namun juga dilakukan pada sisi udara Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang serta memastikan kesiapan seluruh personel baik personel operasi, teknik dan pelayanan.

Selain itu, untuk memperlancar flow jamaah umrah akan disediakan meeting point dan area parkir khusus bagi pengantar dan penjemput jamaah umrah di area sekitar wilayah masjid bandara untuk mengantisipasi kepadatan pengunjung sehingga pengguna jasa akan tetap merasa nyaman di bandara. (Tim liputan Suaracaraka.com)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *