Bimtek SPIP di Cilacap Dorong Peningkatan Kualitas Evaluasi dan Analisis SPIP

Bimtek SPIP di Cilacap Dorong Peningkatan Kualitas Evaluasi dan Analisis SPIP

Suaracaraka.com, Cilacap, Jawa Tengah – Analisis dan Evaluasi Penyusunan Laporan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) yang berkualitas sesuai dengan Permenkumham Nomor 33 Tahun 2013 menjadi hal penting selain penyusunan laporan itu sendiri.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah menyelenggarakan Bimbingan Teknis Analisis dan Evaluasi Penyusunan Laporan SPIP kepada Unit Pelaksana Teknis jajaran.

Terbaru, wilayah Cilacap dan Nusakambangan menjadi destinasi Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah selanjutnya dalam menyelenggarakan Bimtek SPIP.

Kegiatan yang berlangsung dua hari, Kamis (2/11/2023) dan Jumat (3/11/2023) di aula Rupbasan Kelas II Cilacap menggandeng narasumber dari Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Jawa Tengah.

Membuka kegiatan, Kepala Kantor Wilayah yang diwakili oleh Kepala Bagian Program dan Humas, Toni Sugiarto menyampaikan pentingnya penyusunan laporan Sistem Pengendalian Intern (SPI) pada satuan kerja yang berkualitas termasuk didalamnya dalam hal analisis dan evaluasi

“SPI memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.” ungkap Toni.

“Oleh karena itu, Kanwil Kemenkumham Jateng bekerja sama dengan Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah mengadakan kegiatan Bimtek ini, ‘ sambungnya.

Ia mengatakan jika bimtek ini juga dalam rangka pemenuhan Target Kinerja B12.

“Khusus untuk bimtek SPIP kali ini kita fokuskan pada kegiatan analisis dan evaluasi penyusunan pelaporan SPIP. Harapannya satuan kerja bisa menyusun laporan yang benar benar berkualitas, ” ujar Pria asli Majalengka ini menambahkan.

Sebelumnya, Kepala Rupbasan Kelas II Cilacap, Helmy menyampaikan rasa terima kasih atas digelarnya kegiatan bimtek SPIP di kantornya.

“Meski dengan sarana yang terbatas, kegiatan ini tidak akan mengurangi manfaat dan tujuannya. Kami ucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan Kantor Wilayah untuk menyelenggarakan kegiatan ini, ” ujar pria asli Purbalingga ini.

Bimtek yang diisi narasumber dari Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah, Koordinator Pengawas Bidang IPP, Kapsari membahas secara rinci masing-masing unsur yang terdapat pada SPIP, penerapan dan pengendaliannya.

Ia juga memberikan pengetahuan kepada seluruh peserta mengenai bagaimana menyusun laporan SPIP yang berkualitas sesuai dengan PP Nomor 60 Tahun 2008 termasuk bagaimana melakukan analisis dan evaluasi terhadap laporan yang disusun.

Para peserta yang merupakan perwakilan dari 15 Unit Pelaksana Teknis di wilayah Cilacap dan Nusakambangan mengikuti jalannya kegiatan dengan antusias dengan banyaknya diskusi yang tercipta.

Peserta juga mengimplementasikan langsung bagaimana mengelompokan komponen-komponen ke dalam unsur-unsur yang terdapat pada SPIP dengan benar yang selanjutnya menjadi bahan dalam laporan penyelenggaraan SPIP yang sesuai dengan bimbingan narasumber.

Sebagai informasi, wilayah Cilacap dan Nusakambangan merupakan kegiatan keenam yang diselenggarakan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah dalam mengadakan Bimtek SPIP pada Tahun 2023.

Turut hadir mengikuti kegiatan Kepala Rupbasan Cilacap dan Kasubag HRBTI. (Tim liputan Suaracaraka.com)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *