Istana Luncurkan Logo dan Tema HUT Ke-78 RI, “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”

Istana Luncurkan Logo dan Tema HUT Ke-78 RI, “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”
Logo dan tema HUT ke-78 RI yang diperkenalkan oleh Sekretariat Presiden, Senin (12/6/2023).(dok. Sekretariat Negara)

Suaracaraka.com, Jakarta – Pemerintah melalui Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) merilis tema dan logo Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023, secara daring, Senin (12/06/2023).

Logo HUT ke-78 Kemerdekaan RI merupakan perpaduan angka tujuh yang berwarna merah solid dan angka delapan yang terbentuk dari lima garis berwarna merah serta tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”.

“Ini adalah logo yang dipilih oleh Bapak Presiden,” kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono dalam sosialisasi yang, antara lain, dihadiri oleh perwakilan kementerian, lembaga, serta pemerintah daerah.

Kesatuan logo tersebut mencerminkan rasa tegas, stabil, lugas, dan kesatuan serta bermakna meneruskan laju pertumbuhan secara kolektif, mendorong seluruh elemen bangsa untuk memiliki sifat tanggung jawab bersama, serta bergerak secara harmoni menuju Indonesia Maju.

Heru yang juga merupakan Ketua Pelaksana Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI meminta kepada seluruh kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah untuk menggencarkan penggunaan logo HUT ke-78 Kemerdekaan RI di berbagai media yang dimiliki.

“Pertengahan Juli sudah ada banner, LED, untuk menyemarakkan memasuki bulan Agustus, bulan Kemerdekaan,” ucapnya.

Ketua Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI), Ritchie Ned Hansel menjelaskan, sejalan dengan tema, konsep visual logo HUT ke-78 Kemerdekaan RI menggambarkan keberlanjutan pembangunan dengan semangat estafet, terus melaju, tanggung jawab bersama, berlandaskan Pancasila, gotong royong, bergerak maju, serta menuju Indonesia Maju.

“Kami harap nilai-nilai filosofi dan narasi visual yang diangkat di logo HUT ke-78 RI ini bisa membawa semangat untuk seluruh rakyat Indonesia memiliki visi yang lebih baik ke depannya dan membangun bangsa yang lebih hebat lagi,” kata Ritchie.

Sementara itu Staf Ahli Bidang Inovasi dan Kreativitas, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Restog Krisna Kusuma menyampaikan bahwa logo HUT ke-78 ini tersebut merupakan hasil proses penyaringan yang dilakukan Kemenparekraf bersama ADG).

Lima logo rancangan desainer anggota ADGI hasil penyaringan kemudian diserahkan kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Logo rancangan Katarina Monika akhirnya dipilih oleh Presiden Jokowi untuk digunakan sebagai logo resmi HUT Ke-78 Kemerdekaan RI.

“Dipilih oleh Bapak Presiden satu logo terbaik yang atas nama desainer Sdri. Katarina Monika yang bertema ‘Terus Melaju Untuk Indonesia Maju’,” kata Restog.
Untuk mengunduh pedoman peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI tahun 2023 bisa mengunjungi laman www.setneg.go.id. (Tim Liputan Suaracaraka.com)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *