Kakanwil Kemenkumham Jawa Tengah Tejo Harwanto Kunjungi Lapas kelas IIB Plantungan Kendal

Kakanwil Kemenkumham Jawa Tengah Tejo Harwanto Kunjungi Lapas kelas IIB Plantungan Kendal

Suaracaraka.com, Kabupaten Kendal Jawa Tengah – Hari ini merupakan hari yang bersejarah bagi Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Plantungan.

Pasalnya, Lapas yang terletak jauh dari pusat Kota Kendal ini mendapat kunjungan istimewa dari orang nomor satu di Kemenkumham Jawa Tengah.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah, Tejo Harwanto melakukan kunjungan kerja di Lapas pimpinan Sutrasno itu, Rabu (31/01/2024).

Kunjungan ini cukup istimewa sebab Lapas yang dulunya bekas rumah sakit kusta ini terakhir kali dikunjungi oleh Kakanwil pada tahun 2020 silam. Sejak saat itu belum ada Kakanwil yang menjenguk Lapas Plantungan lagi.

Disana Kakanwil Tejo Harwanto didampingi Kepala Bagian Program dan Humas Toni Sugiarto terlihat mengagumi kontruksi bangunan yang telah berdiri selama lebih dari satu abad itu.

“Bangunannya kuat ya padahal sudah lama berdiri persis Lapas Ambarawa ini,” ungkap Tejo.

Seluruh ruangan di Lapas Plantungan disambangi pria asli Jakarta ini. Dialog dengan beberapa petugas dan warga binaan pun mewarnai momen itu. Pertanyaan-pertanyaan mendasar tentang kondisi dan pelayanan warga binaan menyertai percakapannya.

“Asli mana mas? Sehat selalu ya di sini, selalu taat dengan peraturan,” tutur Tejo pada salah satu warga binaan.

Untuk diketahui, Lapas Plantungan yang terletak di kaki gunung Butak ini dihuni 14 narapidana dan 42 pegawai.

Berdiri di lahan seluas 4,4 Ha, Lapas Plantungan sebelumnya merupakan rumah sakit khusus kusta saat era kolonial belanda sekitar tahun 1867 an.

Lapas Plantungan ternyata juga memiliki cerita tersendiri sekitar tahun 1965 an. Di lokasi ini pernah difungsikan sebagai tempat tahanan politik dari berbagai wilayah di Jawa Tengah.

Sayangnya dalam sejarah, Lapas Plantungan yang terdiri dari bangsal dan barak itu pernah hancur dihantam banjir bandang pada tahun 1989.

Sepintas, orang yang datang tak menyangka jika Lapas Plantungan menjadi saksi sejarah di masa lampau. Sebab, pemandangan nan asri dan hawa pegunungan yang dingin lebih mencuri perhatian di sana.

Kakanwil dan rombongan pun tak ketinggalan berkeliling di seluruh sudut Lapas Plantungan dan menikmati suasana.

Diakhir kunjungan Kakanwil juga menyempatkan singgah di area permandian air panas yang terletak di sebelah barat Lapas Plantungan, ( Tim Liputan Suaracaraka.com ).

Bagikan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *