Trans Semarang Hadirkan Microbus Difabel

Trans Semarang Hadirkan Microbus Difabel
Petugas dari Trans Semarang melayani salah seorang difabel untuk naik ke microbus.

Suaracaraka.com, Semarang Jawa Tengah – Koridor VI Trans Semarang Rute Universitas Diponegoro – Universitas Negeri Semarang menambah 1 unit armada microbus khusus difabel.

Kepala Badan Layanan Umum Unit Pelaksana Teknis Daerah Trans Semarang Hendrix Setiawan menuturkan armada microbus khusus difabel ini dilengkapi tempat luas dibagian belakang armada yang dapat menampung kursi roda.

“Armada microbus khusus difabel ini bekerja dengan sistem hidrolis yang sudah terpasang di dalam armada microbus, pengguna kursi roda dapat masuk melalui pintu belakang. Untuk kapasitas penumpang di dalam armada microbus khusus difabel ini terdiri dari 1penumpang di kursi depan, 10 penumpang di kursi tengah, dan 1 tempat untuk kursi roda”, paparnya.

Tarif Trans Semarang untuk difabel adalah Rp. 1.000,-. Hal ini sesuai dengan Perwal Nomor 39 Tahun 2022. Trans Semarang juga menyediakan kartu pembayaran Non tunai (cashless) khusus difabel yang dilengkapi dengan huruf Braille.

Hendrix mengharap dengan penambahan armada microbus khusus difabel ini, akan semakin memudahkan penyandang disabilitas dalam bepergian.

Bus Ramah Difabel

Sebelumnya di bulan November 2022, Trans Semarang telah menghadirkan bus ramah difabel. Bus dengan desain low entri juga telah dilengkapi dengan tempat khusus untuk kursi roda dan telah beroperasional  di koridor 2 Terminal Terboyo – Terminal Sisemut, Koridor 3 Pelabuhan – Elizabeth, dan koridor 4 Terminal Cangkiran – Stasiun Tawang .

Yuktiasih Proborini, penyandang disabilitas dan pengguna transportasi umum mengungkapkan dengan adanya micobus khusus difabel ini sangat membantu. Ia berterima kasih karena perjalanan dengan armada menjadi nyaman. “Trans Semarang  terus berbenah dengan mempersiapkan microbus khusus difabel untuk teman-teman pengguna kursi roda. Selain nyaman juga sangat membantu”, imbuhnya. (Tim Liputan Suaracaraka.com)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *