Empat Dosen FIPP UNNES Paparkan Pendidikan Inklusi di University of Queensland, Australia

Empat Dosen FIPP UNNES Paparkan Pendidikan Inklusi di University of Queensland, Australia

Suaracaraka.com, Semarang Jawa Tengah – Empat dosen Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Semarang (UNNES) menjadi dosen tamu di University of Queensland, Australia. Mereka memaparkan implementasi pendidikan inklusi di Indonesia dalam kegiatan di School Education, University of Queensland, Australia.

Empat dosen tersebut adalah Dr Barokah Isdaryanti SPd MPd, Liftiah, PhD, Petra Kristi Mulyani Med PhD dan Moh Farizqo Irvan MPd.

Kegiatan ini merupakan bagian dari kolaborasi riset dengan mitra Universitas QS Top 100 dunia yaitu University of Queensland yang menempati peringkat QS 43 dunia yang diwakili oleh Assoc Prof Shiralee Poed.

Kegiatan guest lecture dilaksanakan secara hybrid di dalam kelas dan menggunakan platform zoom yang dihadiri oleh Head of School, School of Education University of Queensland Professor Robin Shields, dosen, dan mahasiswa baik sarajana maupun pascasarjana yang berasal dari berbagai negara.

Pada kegiatan tersebut secara bergantian dosen-dosen UNNES memaparkan materi secara bergantian sesuai dengan hasil penelitian komparasi yang telah dilaksanakan.

Dr Barokah Isdaryanti SPd MPd memaparkan tentang implementasi pendidikan inklusi di sekolah dasar Indonesia yang meliputi alur pelaksanaan, manajemen kelas, dan evaluasi pelaksanaan.

Sementara Liftiah PhD menyampaikan tentang kebijakan pendidikan inklusi di Indonesia utamanya di tingkat Sekolah Dasar. 

Petra Kristi Mulyani MEd PhD dan Moh Farizqo Irvan MPd memaparkan tentang kurikulum dan penyiapan calon guru SD dalam mengimplementasikan pendidikan inklusi di lapangan.

Kegiatan guest lecture berjalan sangat menarik karena banyak pertanyaan yang diberikan kepada dosen tamu pada saat sesi diskusi. Mereka tertarik karena paparan menyajikan data yang memberikan sudut pandang tentang implementasi pendidikan inklusi pada kurikulum merdeka dalam berbagai jenjang pendidikan di Indonesia.

Kegiatan yang dilaksanakan merupakan bagian dari upaya UNNES dalam meningkatkan capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) pada tahun 2023. Baik itu IKU 3, dosen berkegiatan di luar kampus. IKU 5 tentang Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat maupun IKU 6, Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia, ( Laporan Wartawan Vita57).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *