Ganjar Genjot Penyerapan Tenaga Kerja SMK Lewat Program Magang ke Jepang

Ganjar Genjot Penyerapan Tenaga Kerja SMK Lewat Program Magang ke Jepang
Gubernur Jawa Tengah saat bersama para lulusan SMK dalam Pembukaan Seleksi Magang Jepang Tahun 2023 di Halaman Kantor Disnakertrans Provinsi Jateng, Kota Semarang, Senin (12/6/2023). (foto: dok. Istimewa)

Suaracaraka.com, Semarang Jawa Tengah – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo terus mendorong penyerapan tenaga kerja SMK di Jateng. Salah satunya melalui program pemagangan ke Jepang.
“Ini kegiatan bagaimana kita mencoba membuka ruang seluas-luasnya agar anak-anak kita bisa bekerja di seluruh dunia, sehingga serapan tenaga kerja kita bisa dicarikan jalan-jalan untuk mereka bisa mendapatkan tempat yang baik,” kata Ganjar dalam keterangan tertulis, Senin (12/6/2023).

Hal ini dikatakan Ganjar usai memberikan arahan pada Pembukaan Seleksi Magang Jepang Tahun 2023 di Halaman Kantor Disnakertrans Provinsi Jateng, Kota Semarang, Jateng, Senin (12/6).

Ganjar melanjutkan kesempatan pemagangan ke Jepang untuk calon tenaga kerja lulusan SMK Sederajat disalurkan melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jateng. Seleksi penerimaan dilakukan secara ketat lewat tes pengetahuan, mata, kesamaptaan, ketahanan fisik, dan wawancara.

Dia menambahkan, tahun ini program permagangan diikuti 550 pendaftar dengan waktu seleksi selama lima hari, dimulai dari 12 sampai 16 Juni 2023. Peserta yang lulus seleksi, nantinya akan magang di sejumlah perusahan Jepang dari berbagai sektor industri teknik. Seperti manufaktur, mesin, hingga energi.

“Kita tadi sudah simulasikan ada satu contoh yang bekerja di sana untuk magang dan pulang kemudian punya usaha, ada yang baru mau berangkat. Beberapa di antaranya tentu ya nasib hidupnya sendiri-sendiri. Akankah mereka terus, langsung bekerja di sana atau apakah pulang,” imbuhnya.

Ganjar juga menyampaikan program magang ke Jepang ini diharapkan dapat membekali para siswa agar siap masuk ke dunia kerja. Khususnya pengalaman di industri-industri terbaik di luar negeri.(Tim Liputan Suaracaraka.com)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *