Hadiri Peringatan Puncak HUT PIPAS Ke 19, Dirjenpas Sampaikan Dukungan dan Apresiasi

Hadiri Peringatan Puncak HUT PIPAS Ke 19, Dirjenpas Sampaikan Dukungan dan Apresiasi

Suaracaraka.com, – Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Reynhard Silitonga, memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Paguyuban Ibu-Ibu Pemasyarakatan (PIPAS) atas dukungan yang diberikan untuk Pemasyarakatan.

Hal itu Ia sampaikan pada acara puncak peringatan HUT PIPAS ke-19 di Balai Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan HAM Jawa Tengah, Jumat (28/01/2023).

Reynhard mengapresiasi dukungan PIPAS yang dapat mengemban berbagai peran dalam keberlangsungan Pemasyarakatan.

Salah satu peran penting antara lain sebagai istri bagi petugas Pemasyarakatan yang mampu memberikan motivasi bagi para suami dalam melaksanakan tugas.

“Saya yakin yang ada di hadapan saya ini, baik yang hadir langsung maupun hadir virtual adalah perempuan- perempuan hebat yang mampu menjalankan peran ganda demi suami, putra putrinya juga demi bangsa dan Negara,” ucapnya.

Sedangkan dengan peningkatan kapasitas bagi petugas Pemasyarakatan, jelas Reynhard, perempuan tentunya akan berdampak pada peningkatan peran yang diembannya dalam lingkup pemasyarakatan.

Baik peran yang diemban sebagai petugas di lingkungan pemasyarakatan, sebagai seorang istri maupun sebagai ibu bagi putra putrinya.

Lebih dalam, Pria kelahiran Medan itu menuturkan bahwa penyelenggaraan pemasyarakatan yang bersifat sangat dinamis, turut mengikuti tuntutan situasi dan kondisi serta isu yang ada.

Pemasyarakatan hari ini masih dihadapkan dengan salah satu isu berat yakni stigmatisasi bagi mantan narapidana yang telah selesai menjalani pidana.

Menurut Reynhard, hal ini dapat dijawab dengan kontribusi PIPAS dalam membantu proses perubahan perilaku dan produktifitas narapidana melalui hasil karya dan kreatifitasnya.

“Saya sangat apresiasi dan berterima kasih kepada PIPAS, yang memiliki kepekaan dan kepedulian tinggi dalam mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi Pemasyarakatan,” katanya.

“Terutama atas inisiatifnya dalam pemberian penghargaan Askara Abinawa yang dijadikan agenda rutin tahunan, dalam rangka memotivasi dan mendorong kreatifitas dan inovasi bagi warga binaan,” sambungnya.

Dari berbagai kegiatan yang telah PIPAS ciptakan hingga tiba di umur 19 tahun ini, Reynhard turut antusias bahwa PIPAS terus bergerak, berkarya, dan berinovasi untuk mendukung kemajuan Pemasyarakatan.

Dengan demikian besar harapan Reynhard generasi penerus dapat meneruskan perjuangan dan program kerja yang sudah dirintis sebelumnya.

“Kehadiran saya disini adalah bentuk kebanggaan kepada PIPAS sekaligus dukungan saya terhadap upaya untuk memajukan dan mengembangkan PIPAS,” ungkapnya.

“Saya ucapkan selamat atas prestasi dan capaian yang telah diraih, besar harapan saya, kedepan PIPAS makin eksis dan mandiri melalui ide-ide kreatif dan inovasi lainnya,” pungkasnya menutup sambutan.

Hadir mengikuti jalannya kegiatan, seluruh Direktur pada Ditjenpas, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah A. Yuspahruddin, Pimti Pratama Kanwil Kemenkumham Jateng, sesepuh Pemasyarakatan Mantan Dirjen Pemasyarakatan Untung Sugiono dan Muhammad Sueb, Kepala UPT se-Jawa Tengah.

Tampak juga Koordinator Pipas Pusat yang merupakan istri-istri para Direktur di Ditjenpas, Penasihat Pipas Jawa Tengah, Restu Rida Yuspahruddin, Ketua Pipas Jawa Tengah, Rita Supriyanto, dan perwakilan anggota Pipas UPT Jawa Tengah, ( Tim Liputan Suaracaraka.com ).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *