13 Unit Pelaksana Teknis di Karesidenan Semarang Ikuti Bimtek Pendampingan dalam penyususnan SPIP

13 Unit Pelaksana Teknis di Karesidenan Semarang Ikuti Bimtek Pendampingan dalam penyususnan SPIP

Suaracaraka.com, Kendal Jawa Tengah – Salah satu pentingnya pengaturan mengenai Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) adalah dapat menghindari terjadinya masalah melalui mitigasi risiko pada setiap program kerja.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Divisi Administrasi, Hajrianor kala membuka kegiatan Bimbingan Teknis Pendampingan dalam Penyusunan Laporan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Tahun 2023 bagi Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-Eks Karesidenan Semarang, Senin (28/08/2023).

“SPIP merupakan hal yang sangat penting. Jangan dianggap cuma laporan, SPIP ini salah satu bagian dari pembangunan Zona Integritas. Dengan SPIP, maka satuan kerja dapat menghindari terjadinya masalah dengan cara melakukan mitigasi risiko pada setiap program kegiatan,” ujar Hajrianor.

Ia pun kembali menegaskan bahwa Kanwil Kemenkumham Jateng terus berupaya serius dalam memberikan pemahaman kepada seluruh satuan kerjanya terkait SPIP.

“Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kemenkumham wajib menerapkan SPIP yang meliputi unsur lingkungan pengendalian, penilaian risiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi dan pemantauan pengendalian intern,” sambungnya.

“Untuk Kanwil Kemenkumham Jateng sendiri memiliki target nilai maturitas SPIP menuju level 4 yaitu terkelola dan terukur. Kami harap dengan adanya Bimbingan Teknis yang diisi langsung oleh narasumber dari BPKP Perwakilan Jawa Tengah nilai maturitas SPIP dapat lebih meningkat,” lanjutnya.

Mengakhiri sambutannya, Hajrianor mengimbau kepada para peserta sosialisasi untuk tidak merasa terbebani dan tidak merasa bosan dalam menggali ilmu tentang implementasi dan penyusunan laporan SPIP.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas Kepala Lapas Kelas IIA Kendal, Andreas Wisnu Saputro dalam sambutan selamat datangnya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan dalam memfasilitasi kegiatan Bimtek SPIP untuk UPT Karesidenan Semarang. Ia mengharapkan kegiatan Bimtek SPIP dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi para peserta.

Bimtek SPIP sendiri menghadirkan narasumber Koordinator Pengawas Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah, Kapsari yang membahas secara rinci masing-masing unsur yang terdapat pada SPIP.

Sebagai informasi, para peserta merupakan perwakilan dari 13 Unit Pelaksana Teknis di Karesidenan Semarang dan kegiatan direncanakan akan berlangsung selama 2 (dua) hari dari tanggal 28-29 Agustus 2023.

Turut hadir pada kegiatan pembukaan, Kalapas Terbuka Kendal, Rusdedi, Kalapas Pemuda Plantungan, Sutrasno dan Kasubag HRBTI, Hazmi, ( Laporan Tim Suaracaraka.com ).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *