Anggota Komisi II DPR RI Riyanta Bersama Ombudsman RI Gelar Sosialisasi dan Diskusi Publik Peningkatan Akses Pengaduan Pelayanan Publik

Anggota Komisi II DPR RI Riyanta Bersama Ombudsman RI Gelar Sosialisasi dan Diskusi Publik Peningkatan Akses Pengaduan Pelayanan Publik
Foto: Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Riyanta menjadi pembicara dalam Sosialisasi dan Diskusi Publik Peningkatan Akses Pengaduan Pelayanan Publik bekerja sama dengan Ombudsman RI, di Desa Winong Kecamatan Pati, Kabupaten Pati Jawa Tengah, pada Senin 29 Mei 2023. (Foto/teks: Wartawan Edy R89)

Suaracaraka.com, Pati Jawa Tengah – Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Riyanta bekerjasama dengan Ombudsman Republik Indonesia menggelar Sosialisasi dan Diskusi Publik bertajuk Peningkatan Akses Pengaduan Pelayanan Publik di Desa Winong Kecamatan Pati Kabupaten Pati Jawa Tengah pada Senin, 29 Mei 2023. Selain Riyanta, hadir dalam acara tersebut Anggota Ombudsman Republik Indoesia Yeka Hendra Fatika, dan Kepala Ombudsman Perwakilan Jawa Tengah Siti Farida.

Riyanta anggota DPR RI dari daerah pemilihan Jateng 3 meliputi Kabupaten Pati, Grobogan, Rembang dan Blora dalam acara tersebut meminta masukan dari para peserta sosialisasi misalkan ada keluhan mengenai pelayanan publik bisa melaporkan ke ombudsman.

“Saya ingin masukan dari kawan-kawan bisa sampaikan ke pusat agar peran ombudsman itu nyata.” Kata Riyanta.

Dari sosialisasi ini, Riyanta juga berharap keberadaan ombudsman bisa diperkuat dan sosialisasi ditingkatkan agar masyarakat paham mengenai pelayanan publik yang baik sebagaimana diatur dalam Undang-undang nomor 25 tentang pelayanan publik.

Sementara itu Anggota Ombudsman Republik Indonesia Yeka Hendra Fatika mengatakan sebagai lembaga yang bertugas melakukan pengawasan pelayanan publik, mensupport Komisi II DPR RI sebagai mitra kerja.

“Anggota DPR memiliki konstituen dan konstituen bisa saja memiliki permasalahan-permasalahan berkaitan dengan pelayanan publik. Oleh karena itu kami datang ke Pati ini untuk melihat apakah konstituen ini memiliki aduan permasalahan pelayanan publik. Jika pun ada, nantinya pelayanan aduan tersebut bisa ditangani oleh ombudsman perwakilan Jawa Tengah,” kata Yeka Hendra Fatika.

Pihaknya juga berharap dari sosialisasi ini, kolaborasi antara anggota komisi II DPR RI dengan ombudsman semakin baik sehingga kerjasama organisasi ataupun aparatur lembaga pemerintahan semakin harmonis di kemudian hari.

Sementara itu Kepala Ombudsman Perwakilan Jawa Tengah Siti Farida menjelaskan kepada pesert yang hadir mengenai mekanisme pelaporan antaar lain melalui telepon, sms, email, whatsapp dan lainnya. Dari pelaporan tersebut ombudsman menjamin kerahasiaan pelapor.

Acara tersebut diikuti berbagai elemen masyarakat dari Kabupaten Pati, Grobogan, Demak, Rembang, Blora dan Sragen. Di akhir acara, para peserta dan pembicara bersama-sama menyanyikan lagu “Bagimu Negeri”. (Liputan Wartawan Edy Rahmad89)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *