Kanwil Jateng Gelar Syukuran Hari Kemenkumham Ke – 78

Kanwil Jateng Gelar Syukuran Hari Kemenkumham Ke - 78

Suaracaraka.com, Semarang Jawa Tengah – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia telah memasuki usia ke 78 Tahun.

Di usia yang tergolong matang ini, Kemenkumham berkomitmen untuk meningkatkan kualitas demi membangun bangsa. Sebagaimana tema yang diambil di hari lahirnya kali ini “Semakin Berkualitas Untuk Indonesia Maju”.

Sebagai bentuk rasa syukur atas pencapaian selama ini, jajaran Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah menggelar syukuran di Aula Kresna Basudewa, Senin (21/08/23).

Pelaksana Tugas (Plt) Kakanwil Hantor Situmorang pada kesempatan itu menjelaskan sejarah berdirinya Departemen Kehakiman yang mengalami beberapa kali perubahan nama hingga akhirnya berganti menjadi Kemenkumham.

Tanggal ditetapkannya Hari Lahir Kemenkumham pun tak luput dari peristiwa sejarah.

Dalam sidang PPKI tahun 1945
menetapkan mengenai Departemen Kehakiman
dalam struktur Negara menurut UUD. Dalam UUD
tadi disebutkan departemen termasuk
Departemen Kehakiman yang mengurus tentang
pengadilan, penjara, kejaksaan dan sebagainya.

“Atas dasar rujukan sejarah tersebut, maka
peringatan hari lahir Kementerian Hukum dan
Hak Asasi Manusia RI atau yang biasa disebut
sebagai “Hari Dharma Karyadhika” diperingati
setiap tanggal 19 Agustus,” terang Hantor Situmorang.

Ia melanjutkan, dalam memperingati Hari Kemenkumham dan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, Kanwil Kemenkumham Jateng telah menggelar berbagai rangkaian kegiatan antara lain donor darah, bersih-bersih makam pahlawan, dan baksos penurunan stunting.

Selain itu juga terdapat kegiatan lain seperti penyuluhan, pelayanan kepada masyarakat, peduli UMKM, dan perlombaan tradisional.

“Kegiatan tersebut bertujuan untuk membangun
kepekaan pegawai Kementerian Hukum dan Hak
Asasi Manusia kepada sesama, rasa cinta tanah air, serta implementasi tata nilai ASN Kemenkumham yang PASTI dan BerAHKLAK sekaligus tetap sehat dan produktif,” jelas Plt. Kakanwil.

Pada kesempatan itu pula, sebagai bentuk apresiasi, Kemenkumham Jateng memberikan penghargaan kepada para mitra kerja atas sinergitas yang terjalin baik selama ini.

Sekaligus pemberian hadiah kepada pemenang lomba film pendek yang diselenggarakan PIPAS Jateng dan hadiah kepada pemenang beragam lomba Hari Lahir Kemenkumham 78.

Pada kegiatan tersebut dari internal, hadir para Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrasi, fungsional, dan pegawai Kanwil Kemenkumham Jateng.

Tampak juga para Kepala UPT Se-Kota Semarang dan Ibu-Ibu Dharma Wanita Persatuan Kanwil Kemenkumham Jateng.

Sementara dari eksternal, terlihat Kepala BNNP Provinsi Jawa Tengah, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah, perwakilan Forkompinda Provinsi Jawa Tengah, MPW, MKN, MPD serta beberapa mitra kerja, ( Tim Liputan Suaracaraka.com ).

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *