Raih Beragam Prestasi, Kanwil Kumham Jateng Terima Studi Tiru Kanwil Kalteng

Raih Beragam Prestasi, Kanwil Kumham Jateng Terima Studi Tiru Kanwil Kalteng

Suaracaraka.com, Semarang Jawa Tengah – Berhasil meraih berbagai macam prestasi di bidang pelayanan kepada masyarakat membuat Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah menjadi rujukan banyak pihak.

Seperti halnya Kanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah melakukan studi tiru terkait pembangunan layanan publik di instansi yang dipimpin Dr. A. Yuspahruddin itu pada Jumat 26 Mei 2023.

Rombongan Kanwil Kalteng dipimpin Kakanwil Hendra Eka Putra, dan Kepala Divisi Administrasi Nur Azizah Rahmanawaty.

Mereka diterima langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Jateng Dr. A. Yuspahruddin, Kepala Divisi Administrasi Hajrianor, beserta dengan jajarannya.

Pertemuan tersebut berlangsung hangat di Aula Kresna Basudewa, selaku tuan rumah Yuspahruddin mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan Kanwil Kemenkumham Kalteng untuk melaksanakan studi tiru di Kanwil Kemenkumham Jateng.

Raih Beragam Prestasi, Kanwil Kumham Jateng Terima Studi Tiru Kanwil Kalteng

“Terima kasih kepada jajaran Kanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah, telah memilih Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah sebagai tempat untuk melaksanakan studi tiru,” ujarnya.

Melanjutkan sambutannya, Yuspahruddin kemudian memperkenalkan lingkup kerja Kanwil Kemenkumham Jateng yang terdiri dari 71 UPT.

Ia juga mengatakan Jawa Tengah memiliki wilayah khusus yaitu Nusakambangan yang memiliki 9 UPT.
 
“Wilayah Jateng ini paling besar dibanding wilayah-wilayah lain, dengan 71 UPT lengkap, dan di Jateng juga ada Pulau Nusakambangan,” ungkapnya.
 
“Disitu ada UPT khusus yaitu Lapas Super Maksimum Security, di Indonesia hanya ada di Nusakambangan dinamakan Lapas Karanganyar, rekan-rekan dari Kalteng bisa berkunjung kesana,” imbuh Kakanwil.

Selain memperkenalkan UPT yang ada di Jateng, Pria asal Bengkulu itu berharap forum seperti ini bisa menjadi media silahturahmi dan nostalgia, khususnya bagi Hendra Eka Putra yang pastinya punya memori-memori indah di Jawa Tengah.

“Pak Hendra ini pasti sudah hafal dengan Jawa Tengah karena pernah menjadi Kalapas di Nusakambangan sudah biasa mondar mandir nyebrang pulau,” kata Yuspahruddin sembari tersenyum.

“Harapannya selain mengingatkan Pak Hendra mengenai kenangan di Jawa Tengah, kegiatan studi tiru ini juga bisa menjadi sarana untuk menjalin tali silaturahmi,” sambungnya.

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Kalteng Hendra Eka Putra yang memiliki kedekatan emosional dengan Jawa Tengah maupun dengan Kakanwil Yuspahruddin mengaku senang dapat berkunjung kembali ke tanah Jawa untuk menimba ilmu.

“Pak Yuspahruddin ini guru saya dan panutan saya dalam hidup, saat Pak Yuspahruddin menjadi Kadivpas di Jateng saya adalah Kalapas Pasir Putih di Nusakambangan jadi memang sedekat itu dengan Pak Yuspahruddin,” jelasnya.

“Saya senang dapat berkunjung untuk melakukan studi tiru di Jawa Tengah ini dan dapat bertemu dengan Pak Yuspahruddin sebelum beliau purnatugas,” sambungnya.

Dalam kesempatan itu Hendra juga mengapresiasi layanan publik yang dihadirkan Kanwil Jateng kepada masyarakat luas. Menurutnya, banyak sekali ilmu yang dapat diterapkan saat kembali ke Kalimantan Tengah.

“Sebelum sampai di aula ini, kami tadi sudah melihat tempat layanan yang ada di lobi, luar biasa pelayanannya dan tempatnya bagus,” tuturnya.

“Saya berharap dengan kami melangsungkan studi tiru ini jajaran Kanwil Kalteng mendapatkan ilmu dan pengetahuan sehingga dapat menghadirkan pelayanan yang optimal bagi masyarakat,” pungkasnya. (Tim Liputan Suaracaraka.com)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *