Wisuda Perdana STAI Syeh Jangkung, Riyanta Orasi Ilmiah Pancasila Sumber Dari Segala Sumber Hukum

Wisuda Perdana STAI Syeh Jangkung, Riyanta Orasi Ilmiah Pancasila Sumber Dari Segala Sumber Hukum
Foto : Riyanta, SH Anggota DPR RI Komisi II F-PDI Perjuangan yang juga Sebagai Ketua GAMAT RI dan GJL saat berswafoto bersama Kaswin salah satu wisudawan STAI Syeh Jangkung saat acara wisuda di Hotel New Merdeka Pati, 26/11/22 ( foto/teks : Wartawan edy R89 ).

Suaracaraka.com, Pati Jawa Tengah – Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syeh Jangkung menggelar seremoni wisuda untuk periode I tahun akademik 2022 pada Sabtu, 26 November 2022 di Hotel New Merdeka, Pati, Jawa Tengah.

Jumlah lulusan sarjana dengan program studi sejarah dan kebudayaan Islam yang diwisuda sebanyak 49 orang. Kaswin salahsatu Wisudawan terbaik meski usia sudah mencapai Enam Puluh Tahun baru menyelesaikan Program Studi Sarjananya, tak membuat patah semangat.

Dalam kesempatan itu, Anggota Komisi II DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Riyanta SH menyampaikan orasi ilmiah tentang ragam budaya dan merawat kebhinekaan di hadapan wisudawan dan senat kampus.

Ketua Umum Gerakan Anti Mafia Tanah (Gamat) RI ini mengatakan bahwa isi butir-butir Pancasila juga merupakan kandungan dalam isi Al-Qur’an. Oleh karena itu, wajar saja jika Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum yang ada di Indonesia.

Menurut Riyanta, saat merumuskan Pancasila oleh para kyai sepuh dan tokoh bangsa mengadopsi dari isi Al-Qur’an dan sumber-sumber lainnya, sehingga Pancasila terbukti ampuh dan sakti mandraguna.

“Jangan sekali-kali ingin merubah dan menentang Pancasila. Pancasila sudah terbukti keampuhannya, sudah berapa puluh negara ingin merebut Negara Kesatuan Republik Indonesia ini tapi selalu gagal,” tegas Riyanta di Hotel New Merdeka, Pati, Jawa Tengah, Sabtu (26/11/2022).

Ketua Umum Gerakan Jalan Lurus (GJL) ini juga menuturkan, sudah berkali-kali para pemberontak yang menamakan pergerakan partai komunis ingin merubah Pancasila ke negara Komunis. Akan tetapi karena ampuhnya isi dan makna daripada Pancasila itu, sehingga Pancasila tidak goyah satu huruf pun untuk dirubah maupun dibumihanguskan.

“Rakyat akan marah besar jika Pancasila ingin dirubah dari keasliannya. Para Jenderal dan tokoh kyai nusantara telah rela direnggut nyawanya, dan dibantai hanya demi mempertahankan kesaktian Pancasila,” tandasnya.

Tiga Wisudawan Lulusan Terbaik

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Wisudawan STAI Syeh Jangkung, Muhammad Y Hana mengatakan, wisudawan para sarjana program studi sejarah dan kebudayaan Islam sebanyak 49 orang, dan tiga wisudawan merupakan lulusan terbaik.

Muhammad berharap, para wisudawan agar selalu menjunjung tinggi almamater perguruan tinggi, dan Ilmu yang didapatkan selama menempuh kuliah itu dapat bermanfaat untuk masyarakat luas, bangsa dan negara.

Tak lupa, dia menyampaikan rasa terima kasihnya atas kehadiran Riyanta SH. Meskipun padat aktivitasnya, tapi Riyanta SH masih dapat meluangkan waktunya untuk menghadiri acara wisudawan perdana tersebut, sekaligus memberikan orasi ilmiahnya.

Seperti diketahui, Riyanta SH selain sebagai Anggota Komisi II DPR RI Fraksi PDI Perjuangan dari Daerah Pemilihan Jawa Tengah, juga merupakan aktivis pergerakan hingga saat ini.

“Saya berharap wisudawan dari kampus STAI Syeh Jangkung, Pati, Jawa Tengah, kedepannya dapat semakin maju dan dicintai masyarakat luas dan ikut mencerdaskan kehidupan berbangsa dan negara,” tutupnya ( Laporan Wartawan H-Edy Rahmad89 ).

Bagikan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *